N@^^k0eL.. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ENERGI ITU KEKAL, KENAPA MASIH KURANG ??

Setiap oarang yang hidup di bumi ini mulai terganggu dengan berita GLOBALWARMING, dan mungkin kata –kata tersebut sudah sering kita dengar. Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang GLOBALWARMING, tapi saya akan membahas dalam ruang lingkup tentang SAVING ENERGI. Kenpa …..??? di jaman yang terus berkembang dan Kenaikan permintaan energi namun keterbatasan energi yang dapat di pergunakan telah membuat orang – orang yang perkecipung dalam dunia desainer datang dengan membawa trobosan alternatif energi matahari. Ini dia lampu jalan generasi berikutnya yang bertenaga matahari. Jadi energi yang dipergunakan dalm progam ini dapat memanfaatkan energi yang terbilang kurang dimaksimalkan dalam hal pemanfaatanya.
Akhirnya Ilmuwan bekerjasama dengan designer menciptakan dan menerapkan dengan solusi pencahayaan yang lebih baik untuk masa depan dan membuat jalan-jalan hijau dan aman dari polusi. Tentunya juga aman bagi kehidupan manusia. Berikut merupakan sebagian contoh dari contoh lampu – lampu bertenaga surya dan akan segera di ririlis di beberapa negara maju.



1. Solar Forest



Konsep ini mengkondisikan pohon seperti terstruktur di hutan. Solar Forest tersusun dari pohon-pohon yang terdiri dari daun fotovoltaik, bertujuan untuk mengumpulkan tenaga surya.
Pada setiap pohon memiliki stopkontak listrik yang digunakan untuk mengisi daya listrik. Selain menyediakan tenaga, daun photovoltaic juga memberikan keteduhan pada mobil-mobil yang parkir di bawahnya. Konsep ini akan segera terwujud di Inggris dan Italia.
 
Lalu bagai mana kalu inofasi ini juga diterapkan di MAN 3 Malang. Pastinya di MAN juga dapat membantu dalam mengatasi penghematan energi. Jadi biaya oprasional M3M menjadi lebih ringan dan Uang sekolahnya bisa lebih murah…….(nyolong curhat).

2. Solar Powered Invisible Streetlight


 
Lampu jalan Invisible adalah lampu jalan tenaga surya yang meniru daun dan dapat tersembunyi di antara tanaman alami di sisi jalan. Terdiri dari injeksi ganda silikon, aluminium dan kapasitor, lampu ini terus bersinar sepanjang malam. Perancangnya adalah Jogoh Lee.

3. SonUmbra

SonUmbra telah dirancang oleh Loop.pH sebagai sistem pohon yang unik, interaktif dan bertenaga surya pencahayaan. Strukturnya terbentuk dengan helai kain tenunan yang memancarkan cahaya ke dalam jaring dan cabang yang berkilau.
SonUmbra mendapatkan energinya dari PV-kanopi yang memanfaatkan energi matahari di siang hari dan disimpan dlm baterai onboard untuk menerangi setelah gelap.
 

4. Solar Sunflowers

 

Desainer Harries / Heder, menciptakan konsep bunga matahari bertenaga surya di Austen, Texas. 15 bunga (seperti panel photovoltaic) menyerap energi matahari untuk hasilkan aliran energi terbarukan.
Terletak pada jalur pejalan kaki dan jalur sepeda antara desa Mueller dan jalan raya Austin I-35. Solar Sunflower tidak hanya menawarkan keteduhan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, tetapi juga mengumpulkan energi pada siang hari lalu menggunakannya untuk menyalakan LED pada malam harinya.

5. Ross Lovegrove’s Solar Tree

 

Desainer Ross Lovegrove merancang lampu ini dengan sistem pencahayaan jalan inovatif yang bergantung pada energi matahari. Idenya adalah untuk membawa seni dengan konsep pohon surya, dibuat dengan teknologi modern pipa lentur. Dalam gambar tersebut merupakan contoh Lampunya di museum Angewandte Kunst di Wina. Dibuat dengan memperhatikan estetika dan teknologi ramah lingkungan.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comen:

Unknown mengatakan...

hallooo.... lihat juga: www.lanumablog.co.cc

Posting Komentar